WEBSITE & JARINGAN INTERNET

WEBSITE

World Wide Web (WWW)
World Wide Web

Pasti kalian udah sering banget dengar dengan yang namanya dengan Website. Mungkin kalian sering dengar dari temen kalian atau tidak kalian mengetahui website dari Internet. Ya, Website sangat berhubungan erat dengan Internet.

Secara Garis besar website atau dalam bahasa inggrisnya adalah World Wide Web (WEB) merupakan sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Sedangkan menurut versi dari Wikipedia, Website merupakan suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladem yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi

Website ini didasari dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui perkembangan teknologi informasi, tercipta suatu jaringan antar komputer yang saling berkaitan. Jaringan yang dikenal dengan istilah internet secara terus-menerus menjadi pesan–pesan elektronik, termasuk e-mail, transmisi file, dan komunikasi dua arah antar individu atau komputer.

Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

SEJARAH SINGKAT WEB

Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Pada tahun 1991 website terhubung dengan jaringan.Ttujuan dari dibuatnya website pada saat itu yakni untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi kepada sesama peneliti di tempat mereka bekerja. Dengan demikian pengertian website saat itu masih sebatas tukar menukar informasi, bukan pengertian website secara terminologi.

Website dipublikasikan ke publik setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30 april 1993. CERN menyatakan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Pada saat ini pengertian website sudah masuk ke dalam ranah publik karena sudah bisa digunakan oleh semua orang dimanapun dan kapanpun.

JENIS-JENIS WEBSITE

Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
1.    Website Statis
2.    Website Dinamis
3.    Website Interaktif

Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.

Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya

Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

Perbedaan Web Static Dan Web Dynamic
Perbedaan Web Static Dan Web Dynamic

CARA KERJA WEBSITE

Website hanyalah sebuah kumpulan file yang terletak pada sebuah komputer yang terhubung ke Internet. Ketika seseorang mengunjungi Website Anda, mereka sebenarnya hanya terhubung ke sebuah komputer dan komputer (yang kemudian disebut sebagai Server) tersebut memberikan file yang ingin mereka lihat.

Ini kedengaran simple, tetapi umumnya komputer biasa tidak memiliki power dan software yang dibutuhkan untuk merespon semua permintaan yang dibutuhkan oleh pengunjung Website Anda. Dan walaupun komputer/server Anda sanggup, komputer Anda akan membutuhkan koneksi/akses Internet yang luar biasa cepat untuk melayani jumlah pengunjung Website Anda.

Umumnya perusahaan kecil tidak sanggup menjalankan sebuah Web Server dan sejak itulah perusahaan Web Hosting dibutuhkan.

CARA MEMBUAT WEBSITE

Setelah sering mengunjungi dunia internet, anda juga pastinya ingin Membuat Website sendiri, namun tentunya anda ingin Membuat Website Gratis. Anda tentunya tengah mencari bagaimana cara membuat website sendiri namun dengan mudah gratis. Berikut ini cara membuat website dengan mudah dan gratis

  1. Menyiapkan Software
    Saat akan membuat website pertama kali, hal yang harus anda semua lakukan adalah menyiapkan software atau aplikasi pembuat website. Disini software yang harus anda miliki adalah WordPress CMS juga XAMPP. Untuk mendapatkan software tersebut pun sangat mudah, software tadi bisa didapat dengan gratis. Dan jika anda telah memiliki software tadi maka anda hanya tinggal menjalankan WordPress CMS di localhost komputer yang anda gunakan.
  2. Menentukan Tema Website
    Jika software tadi telah dijalankan, selanjutnya anda harus memikirkan konsep dan tema apa yang akan anda terapkan pada website yang akan dibuat. Tentunya anda harus memikirkan tema yang terbaik dan juga positif. Setelah anda menemukan tema dan konsep, maka selanjutnya anda hanya tinggal mendesain website wordpress anda di localhost komputer.
  3. Siapkan Hosting dan Domain
    Setelah anda menyelesaikan tahap desain website, maka selanjutnya anda hanya tinggal mempersiapkan Web Hosting dan juga Domain, tentunya domain yang gratis. Web Hosting disini berperan untuk menyimpan berbagai file website, sedangkan Domain sendiri merupakan nama alamat website yang akan anda buat agar nantinya website anda bisa diakses dan dikunjuungi oleh orang lain. Setelah kedua hal tersebut telah anda miliki maka selanjutnya anda harus memindahkan file website yang telah dibuat ke localhost menuju web hosting. Dengan melakukan hal tersebut maka nantinya anda bisa membuka via internet.
  4. Melakukan Tes
    Setelah semua hal diatas telah dilakukan maka selanjutnya anda hanya tingga melakukan tes terhadap website anda yang telah disimpan di web hosting. Periksa website anda apakah ada bagian yang salah atau eror, sehingga nantinya saat anda memperkenalkan website anda tidak ada kesalahan.
  5. Promo Website
    Jika semua tahapan selesai dan website anda telah dibuat dengan baik, maka selanjutnya tentu saja anda harus meluncurkan website anda dan memperkenalkannya kepada banyak orang. Cara untuk mempromosikannya sendiri sangat mudah apalagi saat ini banyak media jejaring sosial.

Halaman web sendiri dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna.

Untuk lebih mempermudah anda dalam membuat website, Berikut ini akan saya berikan video tutorial untuk membuat WEBSITE SENDIRI DAN GRATIS

FUNGSI WEBSITE

Secara umum situs web mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Fungsi komunikasi

Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Karena dibuat menggunakan pemograman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi-fungsi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting form, dan yang lainnya.

  1. Fungsi informasi

Situs web yang memiliki fungsi informasi pada umumnya lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya, karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isisnya. Situs ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang dapat di download dengan cepat. Pembatasan penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak sepertio shockwave dan java diyakini sebagai langkah yang tepat, diganti dengan fasilitas yang memberikan fungsi informasi seperti news, profile company, library, reference,dll.

  1. Fungsi entertainment

Situs web juga dapat memiliki fungsi entertainment/hiburan. Bila situs web kita berfungsi sebagai sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat meningkatkan mutu presentasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungsi hiburan adalah game online, film online, music online, dan sebagainya.

  1. Fungsi transaksi

Situs web dapat dijadikan sarana transaksi biisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Situs web ini menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, transfer, atau dengan membayar secara langsung.

Selain itu, Jika anda memiliki Website tersendiri yang digunakan untuk menjual produk anda, maka website anda dapat digunakan untuk :

  • Membuat pengumuman atau pemberitahuan.
  • Memberikan pelayanan kepada Customer Anda.
  • Menerima masukan dari pengunjung/customer Anda.
  • Membagi dan mendistribusi file dan foto.
  • Berkomunikasi langsung dengan Customer Anda yang berada di belahan dunia manapun.

Dan tentu saja, menjual produk dan servis Anda, yang kini dikenal sebagai Toko Online atau Online Shop.

JENIS SITUS WEB

Ada beberapa jenis situs web yang dikelompokkan sesuai tujuannya yaitu sebagai berikut:

  1. Alat Pemasaran

Saat ini media pemasaran tidak hanya media cetak saja. Media elektronik sejenis situs juga dapat digunakan sebagai media pemasaran. Pemasaran melalui internet lebh cepat sampai dan memiliki jangkauan yang jauh lebih luas.

  1. Nilai Tambah

Sebuah halaman web merupakan sarana promosi karena media promosi di web lebih murah dan efektif dibandingkan media promosi konvensional seperti brosur, majalah atau Koran. Pada umumunya konten situs web berupa referensi atau informasi tambahan dari apa yang sudah diberikan secara offline. Contohnya seperti di perpustakaan sudah disediakan koleksi skripsi secara tercetak namun di web perpustakaan terdapat repository skripsi yang lebih banyak dan dapat diakses dengan mudah dengan cara mendownload bentuk softfile nya.

  1. Katalog

Untuk di perpustakaan katalognya berupa katalog online yang dapat diakses melalui web perpustakaan. Pada katalog tersebut tersedia koleksi-koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan. Pemustaka dapat mengakses koleksi tersebut dengan cara memasukkan judul, pengarang maupun subjek dari suatu koleksi yang dibutuhkan. Sedangkan untuk melakukan peminjaman pemustaka dapat langsung meminjam ke perpustakaan.

  1. E-Commerce

E-Commerce merupakan suatu kumpulan yang dinamis antara teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pada perpustakaan web bertujuan untuk menghubungkan antara perpustakaan yaitu melalui pemustaka dan pemustaka yang membuthkan informasi sehingga terjadinya hubungan yang saling mengutungkan kedua belah pihak.

  1. E-Learning

Cisco menjelaskan filosofis e-learning sebagai berikut: Pertama, e-learning merupakan penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan, pelatihan secara on-line. Kedua, e-learning menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional (model belajar konvensional, kajian terhadap buku teks, CD-ROM, dan pelatihan berbasis computer) sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi. Ketiga, e-learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan konten dan pengembangan teknologi pendidikan. Keempat, kapasitas siswa dalam menguasai bahan yang disampaikan lewat e-learning amat bervariasi, tergantung bentuk, isi, dna cara penyampaiannya. Makin baik keselarasan antar konten dan alat penyampai dengan gaya belajar, semakin baik penguasaan siswa yang pada gilirannya akan memberikan hasilyang lebih baik.

  1. Komunitas

Sebuah situs web yang dibuat dengan tujuan untuk memungkinkan pengunjung berkomunikasi secara bersamaan. Pengunjung bisa berbagi pengalaman, cerita, ide, dna lainnya, bisa juga mencari dan menambah teman, atau untuk membuat suatu perkumpulan baru.

  1. Portal

Portal adalah aplikasi berbasis web yang menyediakan akses suatu titik tunggal dari informasi online terdistribusi, seperti dokumen yang didapat melalui pencarian, kanal berita, dan link ke situs khusus. Untuk memudahkan penggunaannya biasanya disediakan fasilitas pencarian dan pengorganisasian informasi.

  1. Personal

Situs personal merupakan situs yang memiliki tujuan untuk mempromosikan atau menginformasikan tentang seseorang. Biasanya berisi tentang biodata, portofolio (kumpulan hasil karya yang pernah dibuat), prestasi, atau sebagai diary yang menceritakan kehidupan sehari-hari yang dipublish agar orang lain dapat mengetahui dna mengenal tentangnya.

JARINGAN INTERNET

Contoh Gambaran Jaringan
Contoh Gambaran Jaringan

Teknologi berkembang pesat sehingga ada sebuah slogan yang mengatakan “Dunia di Gemgaman Tangan Anda”, salah satu teknologi yang sungguh fenomenal adalah internet, sebuah Jaringan yang begitu kompleks namun sungguh mengagumkan maka kita sebut sebagai Jaringan Internet. Semua jenis kalangan sudah mengenal dengan yang namanya dengan internet, Anak Kecil, Remaja, Dewasa, Oranag tua, bahkan yang lanjut usia juga sudah mengenal dengan Internet. Namun disini kita tidak hanya membahas mengenai apa itu internet, namun kita akan membahasan mengenai Jaringan yang membentuk internet.

DEFINISI JARINGAN INTERNET

Sebelum Mengenal apa itu internet, kita harus terlebih dahulu mengenali Apa itu jaringan. Jaringan merupakan sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi data, informasi, program, dan perangkat keras (printer, harddisk, webcam, dsb). Tujuan jaringan Untuk memudahkan pengguna komputer untuk saling berbagi sumber daya yang terdapat di jaringan seperti printer, file/ data dan sebagainya. Sedangkan Internet adalah jaringan rangkaian komputer [ networking ] dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia.

SEJARAH SINGKAT INTERNET

Internet merupakan Jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan Hardware dan Software komputer yang berbasis Unix kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen
Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan Nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford
Research Institute, University of California, Santa Barbara, University Of Uta di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969 , dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua Universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama Darpa Internte yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

JENIS-JENIS JARINGAN INTERNET

Jaringan internet dibagi atas 2 bagian yaitu Jaringan berdasarkan Hubungan Fungsional Dan Jaringan Berdasarkan Area Jaringan. Pertama kita akan membahas mengenai Jaringan Berdasrkan hubungan Area Jaringan.

A. JARINGAN BERDASRKAN HUBUNGAN AREA JARINGAN

Gambaran Jaringan LAN

1. LAN ( Local Area Network )

Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologinya.

LAN mempunyai ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasnnya, menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan.

LAN seringkali menggunakan teknologih transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik) dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.

Keuntungan LAN yaitu:

  • Pertukaran file, data antar komputer dapat dilakukan dengan mudah (file sharing).
  • Penggunaan printer dapat dilakukan oleh semua user (printer sharing).
  • Pertukaran data antar komputer dapat dikendalikan sehingga keamanan data dapat terjaga.
  • Proses back up data menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Komunikasi antar user dapat dilakukan dengan email atau chat.
  • Instalasi jaringan mudah dan cukup murah.

Kerugian LAN yaitu:

  • Area jaringan hanya sebatas satu gedung atau ruangan.
  • IP address komputer LAN tidak bisa di akses dari jaringan WAN

2. MAN ( Metropolitan Area Network )

Gambaran Jaringan MAN

Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mamapu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buiah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.

Alasan utama memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua komputer dihubungkan, seperti ditunjukkan pada gambar 1.2. Setiap bus mempunyai sebuah head–end, perangkat untuk memulai aktivitas transmisi. Lalulintas yang menuju komputer yang berada di sebelah kanan pengirim menggunakan bus bagian atas. Lalulintas ke arah kiri menggunakan bus yang berada di bawah.

Keuntungan MAN:

  • Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contoh ATM Bank unluk wilayah nasional).
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting dan Video Conference (ViCon).

Kerugian MAN:

  • Biaya operasional mahal.
  • Instalasi infrastrukturnya tidak mudah.
  • Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).

3. WAN ( Wide Area Network )

Gambaran Jaringan WAN

Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi.

Kita akan mengikuti penggunaan tradisional dan menyebut mesin-mesin ini sebagai host. Istilah End System kadang-kadang juga digunakan dalam literatur. Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi, atau cukup disebut subnet. Tugas subnet adalah membawa pesan dari host ke host lainnya, seperti halnya sistem telepon yang membawa isi pembicaraan dari pembicara ke pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan (subnet) dari aspek-aspek aplikasi (host), rancangan jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.

Pada sebagian besar WAN, subnet terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi (disebut juga sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan bit-bit dari satu mesin ke mesin lainnya.

Element switching adalah komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Saat data sampai ke kabel penerima, element switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut. Sayangnya tidak ada terminologi standart dalam menamakan komputer seperti ini. Namanya sangat bervariasi disebut paket switching node, intermidiate system, data switching exchange dan sebagainya.

Keuntungan WAN:

  • Penggunaan kartu kredit di seluruh dunia
  • Pengambilan uang dengan jaringan internasional (ATM Internasional)
  • Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail, chatting dan Video Conference (ViCon).
  • Pooling data dan up date data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.
  • Data dapat dikirim melalui e-mail.

Kerugian WAN:

  • Biaya operasional mahal.
  • Susah dalam instalasi infrastrukturnya.
  • Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting).

4. Jaringan Nirkabel

wireless2
Gambaran Jaringan Nirkabel

Komputer mobile seperti komputer notebook dan personal digital assistant (PDA), merupakan cabang industri komputer yang paling cepat pertumbuhannya. Banyak pemilik jenis komputer tersebut yang sebenarnya telah memiliki mesin-mesin desktop yang terpasang pada LAN atau WAN tetapi karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat terbang, maka banyak yang tertarik untuk memiliki komputer dengan jaringan tanpa kabel ini.

Jaringan tanpa kabel mempunyai berbagai manfaat, yang telah umum dikenal adalah kantor portable. Orang yang sedang dalam perjalanan seringkali ingin menggunakan peralatan elektronik portable-nya untuk mengirim atau menerima telepon, fax, e-mail, membaca fail jarak jauh login ke mesin jarak jauh, dan sebagainya dan juga ingin melakukan hal-hal tersebut dimana saja, darat, laut, udara.

B. JARINGAN BERDASARKAN HUBUNGAN FUNGSIONAL

1. Jaringan Peer To Peer

star
Skema Jaringan Peer To Peer

Kedudukan setiap komputer yang terhubung dalam jaringan adalah sama. Tidak ada komputer yang menjadi pelayan utama (server). Sehingga semua komputer dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak.

  • Kelebihan Jaringan Peer to Peer
    • Biaya operasional yang lebih murah dikarenakan tidak memerlukan server yang harus memiliki spesifikasi tinggi.
    • Tidak membutuhkan administrator yang profesional.
    • Karena setiap komputer dalam jaringan memiliki hak akses dan kedudukan yang sama serta tidak bergantung pada server, maka apabila ada salah satu komputer yang mengalami gangguan, jaringan juga tidak akan terganggu.
  • Kekurangan Jaringan Peer to Peer
    • Karena jaringan Peer to Peer tidak tergantung pada server, maka sistem keamanan ditentukan sendiri oleh masing-masing user. Dan setiap user pastinya memiliki kemampuan yang berbeda-beda.
      Hal ini tentu saja menjadikan jaringan Peer to Peer rentan terhadap serangan dari pihak luar.
    • Masing-masing komputer dalam jaringan memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Dan apabila terjadi troubleshooting akan rumit dikarenakan pengaturan, konfigurasi dan penanganannya juga berbeda-beda.
    • Kemampuan kerja yang lebih rendah dari jaringan Client-Server.

2. Jaringan Client-Server

images
Skema Jaringan Client – Server

Pada jaringan client-server terdapat sebuah komputer yang mengatur semua fasilitas yang tersedia dalam jaringan komputer, sepertikomunikasi, penggunaan bersama perangkat keras dan perangkat lunak serta mengontrol jaringan. Komputer ini dinamakan server. Semua komputer lain selain server disebut client.

  • Kelebihan Jaringan Client-Server
    • Karena hanya ada satu administrator yang mengatur sistem dalam jaringan, maka sudah dapat dipastikan kalau keamanan dan administrasi dalam jaringan client-server lebih baik.
    • Server tidak terbebani sebagai workstation sehingga memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi.
    • Semua data dapat di-back up karena kontrol terpusat dilakukan oleh server.
  • Kekurangan Jaringan Client-Server
    • Biaya operasional yang mahal.
    • Komputer yang akan dijadikan server haruslah komputer yang memiliki spesifikasi tinggi.
    • Karena yang mengatur hubungan antara server dan workstation adalah server, maka apabila server mengalami gangguan, seluruh jaringan akan terganggu.

IMPLEMENTASI JARINGAN INTERNET

Implementasi Jaringan Komputer Di Dunia Bisnis
Pemanfaatan jaringan komputer, baik LAN, MAN, dan WAN bagi perusahaan besar sudah tidak asing lagi karena manfaatnya sangat besar bagi kemajuan usaha. Aplikasi bisnis sekarang yang berbasis teknologi dan jaringan komputer yang paling umum digunakan adalah electronic commerce (e-commerce) atau lebih terkenal dengan “Bisnis Online” melalui aplikasi ini seorang pedagang diberikan kemudahan yaitu tidak perlu bertatap muka dengan pembeli dan mendirikan toko serta dapat memasarkan produk yang ia milki ke seluruh dunia. Selain e-commerce juga ada EDI atau electronic data interchange atau pengolahan data berbasis komputer. Bahkan sekarang dalam dunia bisnis di perusahaan-perusahan besar telah diterapkan Remote Access melalu Remote Access seorang pegawai dapat bekerja untuk perusahaannya dimanapun pegawai tersebut berada melalui jaringan LAN komputer asal pegawai tersebut berada. Jadi menurut kesimpulan saya adalah dengan melalui implementasi jaringan komputer di dunia bisnis dapat mempercepat kinerja pegawai karena para pegawai dapat bertukar informasi dengan pegawai lainnya tanpa harus berpindah dari tempatnya dan dapat dapat meminimalkan biaya dan waktu.
Implementasi Jaringan Komputer Di Dunia Mobile
Tujuan dari implementasi jaringan komputer di dunia mobile adalah diperuntukkan sebagai media hiburan dan sarana komunikasi. Contoh implementasi nya adalah:
  • pengunaan chat (YM, Skypea dll)
  • pengunaan sosial network (situs pertemanan)
  • download informasi lainya (browsing)
Implementasi Jaringan Komputer Di Perbankan
Di dalam perbankan jaringan komputer sangat bermanfaat karena berhubungan dengan Bank dan Nasabahnya. Melalu jaringan komputer yang ada di perbankan para nasabah dapat mengirim uang melalui Internet Banking yang dapat diakses dimana saja tanpa harus pergi ke bank. Selain Internet banking juga terdapat mesin ATM yang saling berhubungan dengan MAN dimana seorang nasabah dapat menarik uang tunai secara langsung. Selian itu berikut ini adalah Implementasi lain Jaringan komputer didalam dunia Perbankan.
  1. Resource Sharing,
    Dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama.
    Misal: seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mengatasi masalah jarak.
  2. Reliabilitas tinggi,
    Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.
    Misal: Semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
  3. Menghemat uang
    Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar.
    Misal: Komputer besar seperti mainframe memiliki kecepatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer
    pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer pribadi.
  4. Cepat dan Efisien
    Jaringan komputer memungkinkan proses pengiriman data berlangsung dengan cepat dan efisien.
    Misal: Pengiriman surat tidak perlu lagi menggunakan kertas yang dikirimkan dan sampainya dalam waktu berhari-hari, cukup dengan menggunakan email yang membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.
  5. Real Time
    Jaringan komputer bisa memudahkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain dengan komunikasi melalui pesan teks, gambar, audio dan video secara langsung atau real time.
Implementasi Jaringan Komputer Di Rumah
Imlementasi jaringan komputer di rumah biasanya digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dan yang biasa digunakan adalah internet sama seperti implementasi yang telah saya jelaskan diatas yang juga menggunakan internet. Karena pada era seperti sekarang bukan hanya perkantoran yang memerlukan jaringan computer. Untuk perumahan pun diperluakan agar para siswa ataupun mahasiswa dapat mengakses informasi tanpa harus keluar dari lingkungan rumah. Dalam arti dapat mengetahui isi dunia selain dari buku atau mengerjakan tugas-tugas dari dosen/guru bias lebih efisien dan menghemat biaya dari pada pergi ke warnet.

KESIMPULAN

     Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.Sebenarnya antara www (world wide web) dan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www menjadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dan lain-lain.

Secara sederhana Jaringan Internet adalah gabungan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia dan merupakan rangkaian Komputer terbesar di dunia, ukurannya akan masih terus berkembang. Namun komputer-komputer yang dimaksud tadi cuma merupakan sebagian saja dari definisi konsep jaringan Internet. Dengan ber INTERNET kita dapat memperoleh berbagai informasi apa saja dimana saja dan kapan saja [ no limit, anywhere and anytime ]. Anda tinggal ke search engine Dunia seperti Yahoo dan Google. Ketik kalimat yang Anda ingin cari maka akan ditampilkan alamat website yang memberikan informasi tersebut. Oleh sebab itu Mengapa internet sangat berguna dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang.

 Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web

http://caramembuat.mywapblog.com/apa-itu-website-mengenal-definisi-dan-pe.xhtml

http://endra-dwi-putra.blogspot.com/2012/04/pengertian-jaringan-internet-atau.html

http://bloggerpurworejo.org/showthread.php?261-Jenis-jenis-jaringan-internet

http://www.alltutorials.info/2014/11/jenis-jaringan-komputer-berdasarkan-jangkauan-area.html

Dewanto, I. Joko. (2006). Web Desain (Metode Aplikasi dan Implementasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rachmawati. [Online]. Tersedia: http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/527/jbptunikompp-gdl-rachmawati-26318-5-unikom_r-i.pdf.

Saleh, Abdul Rahman. (2010). Membangun Perpustakaan Digital: Step by Step. Jakarta: Sagung Seto.

Saputro, Hendra W. (2007). Pengertian Website dan Unsur-unsurnya.[Online]. Tersedia: http://www.balebengong.net/topik/teknologi/2007/08/01/pengertian-website-dan-unsur-unsurnya.html.

Suyanto, Asep Herman. (2007). Step by Step: Web Design Theory and Practices. Yogyakarta:

Andi Offset.2012. Definisi dan Pengertian Web Menurut Para Ahli. [Online]. Tersedia: http://www.sambureki.com/definisi/definisi-dan-pengertian-web-menurut-para-ahli.html.

     

Leave a comment