Saya Bangga Menjadi Anak TI

Nama Saya Abednego Petrus, Saya adalah Mahasiswa Universitas Gunadarma dan saya mengambil Jurusan Teknik Informatika. Sekarang saya sudah naik ke tingkat 2, Sudah naik satu tingkat dari sebelumnya. Sebelumnya saya merupakan lulusan SMK yang mengambil jurusan Teknik Komputer Jaringan. Berhubung TKJ masih erat kaitanya dengan Teknik Informatika, maka saya memilih untuk melanjutkan jurusan yang saya pilih. Selain itu alasa saya memilih Jurusan TI di Universitas Gunadarma adalah karena Sarjana Teknik Informatika sangat diminati perusahaan-persahaan besar di Indonesia ataupun di Dunia, Peluang kerja buat Lulusan TI sangat luas. Kebutuuhan Tenaga IT mendatang akan sangat diperlukan, berhubung sangat pesatnya perkembangan IT di Dunia.

Tidak hanya itu Kebanyakan Sarjana IT tidak hanya bisa menjadi seorang pekerja, namun juga bisa menciptakan pekerjaan sendiri.Melihat beberapa saudara-saudara saya yang bekerja di BIdang TI semuanya sukses, membuat saya terbangun untuk bisa menjadi seperti mereka, bahkan salah satu diantaranya bahkan sudah ada yang mendirikan usaha sendiri, hanya dengan mengandalkan kemampuan TI yang dia miliki. Kebanyakan Jurusan TI banyak memilih untuk menjadi seorang programmer, tapi tidak dengan saya. Saya lebih memilih untuk menjadi ahli NETWORKING, yang bekerja di dunia jaringan.

Saya memilih Mengambil Jurusan Teknik Informatika di Gunadarma, karena Jurusan TI dikampus ini sudah diakui oleh dunia dan sudah banyak menghasil Sarjana-Sarjana IT yang sangat hebat-hebat.

Smart IT programmer drawing information technology diagram
MACAM-MACAM PROFESI DARI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

Setelah naik dari tingkat 1 ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu tingkat 2. Anak – anak TI di Univerista Gunadarma di gabung dari beberapa kelas lainya. Awalnya saya Kelas IA22, kini saya masuk di IA22. Pertama kali masuk di kelas yang baru, hal yang saya rasakan adalah Sunyi. Semua pada diam, dan masih malu untuk saling sapa dan tegur satu dengan yang lain. Awalnya saya merasa malu, karena harus mencari teman-teman baru, namun dari hari ke hari semua mulai akrab, mulai saling tegur dan salaman satu dengan yang lainya. Hal yang awalnya sunyi senyap, kini mulai ramai, mulai ada tawa, bercandaa. Teman-teman baru yang saya dapatkan semuanya baik-baik, asik diajak untuk bercanda, untuk saling bertukar cerita. Hal-hal barupun saya temukan dikelas ini, dimana belum saya rasakan di tingkat 1 sebelumnya.

Selama 2 Semester Berkuliah di Universitas Gunadarma, banyak hal yang saya dapatkan untuk dipelajarin. Mulai dari yang paling mudah adalah bagaiamana saling beroganisasi dengan mahasiswa yang lain, saling berbagi dan share satu dengan yang lainya, sampai Ilmu yang sangat diperlukan untuk Jurusan ini, yaitu Ilmu Bahasa Pemograman. Ada banyak jenis bahasa pemograman yang diajarkan mulai dari semester 1 sampai semester 2.

Disini kita diajar untuk membuat sebuah program dari yang Basic sampai menjadi handal. Mendapatkan ajaran mengenai Algoritma membantu saya untuk memecahkan suatu masalah secara terurut. Hal ini dapat kita terapkan di kehidupan kita sehari-hari, untuk membantu menyelesaikan masalah. Selain itu hal ilmu baru yang saya dapatkan adalah, bagaimana kita diajar untuk saling berbagi, saling sharing ilmu melalui sebuah Blog milik kita, Mahasiswa sering menyebutnya dengan sebutan ILMU BUDAYA DASAR atau SOFTSKILL. Disni kita dituntut untuk mengelolah blog yang kita miliki agar menjadi sebuah blog yang menarik, dan senang dibaca oleh para pembaca, selain itu Isinya juga harus berguna bagi semua orang yang membaca artikel milik kita.

Anak Teknik Informatika, basicnya harus bisa menguasai bahasa pemograman. Itu meruapakn suatu keharusan dan wajib. Ada begitu banyak Bahasa Pemograman yang diajarkan di Universitas Gunadarma, khususnya buat Jurusan TI. Mulai dari Bahasa Pemograman JAVA, sampai bahasa pemograman yang akan di pelajarin di tingkat 2 yaitu Bahasa Pemograman COBOL dan Bahasa C. Namun, sampai saat ini, hanya beberapa bahasa pemograman saja yang dapat saya kuasain, tapi hanya sekedar dasar-dasarnya saja yaitu Bahasa Pemograman Java dan Python. Saya sangat menyukai Bahasa Pemograman Python karena bahasa pemograman yang satu ini sangat simple dan sangat menarik, walaupun bahasa pemograman ini hanya berbasi Text, tidak seperti bahasa Pemograman Visual Basic dan Delphi yang berbasi GUI. Namun Bahasa pemograman yang ingin saya perdalam adalah bahasa pemograman Java. Mengapa ? yang pertama Bahasa Pemograman ini dipakai di Semester 1 dan Semester 3, selain itu bahasa pemograman ini akan dipakai untuk Penulisa PI nantinya. Bukan hanya itu alasan saya ingin belajar lebih lagi dari Bahasa Pemograman yang satu ini. Bahasa Pemograman ini Baru, tidak seperti bahasa pemograman lainya yang sudah lama seperti COBOL dan FORTRAN. Kebanyakan perusahan-perusahan mencari lulusan TI yang Memiliki kemampuan lebih dalam Menguasai Bahasa Pemograman Java. Itulah alasan saya memilih bahasa pemograman java untuk saya pelajari lagi dan diperdalam lagi.

One thought on “Saya Bangga Menjadi Anak TI

Leave a comment