Cloud Computing

Cloud Computing? pasti banyak dari para pembaca yang sudah sering dengar kata tersebut, atau jika belum pernah dengar, mungkin pernah dengar istilah dalam bahasa Indonesia-nya, yaitu “Komputasi Awan”. Ada banyak sudut pandang untuk menjelaskan apa itu Cloud Computing, Wikipedia sendiri menjelaskan Cloud Computing  merupakan gabungan pemanfaatan teknolo komputer (” Komputasi “) dan pengembangan berbasis internet (‘awan’).  Disini saya akan menjelasakan mengenai Cloud Computing secara lebih luas Mulai dari sejarah sampai peneranpan Cloud Computing dalam dunia IT .

SEJARAH CLOUD COMPUTING

Sejarah Cloud computing diawali pada tahun 50-an yang diawali dari proyek Terminal Statis. Terminal  tersebut digunakan untuk melakukan komunikasi tetapi tidak memiliki kapasitas pemrosesan internal. Agar penggunaan mainframe yang relatif mahal menjadi efisien maka mengembangkan akses fisik komputer dari pembagian kinerja CPU. Hal ini dapat menghilangkan periode tidak aktif pada mainframae, memungkinkan untuk kembali pada investasi. Hinga pertengahan tahun 70-an dikenal dengan RJE remote proses Entry Home Job yang berkaitan besar dengan IBM dan DEC Mainframe.

Sekarang ini cloud computing sudah semakin meningkat popularitasnya, dari mulai penerapan sistem, pengunaan nama, dll. Amazon.com dengan EC2 (Elastic Computer Cloud); Google dengan Google App. Engine; IBM dengan Blue Cord Initiative; dsb. Perhelatan cloud computing meroket sebagaimana berjalanya waktu. Sekarang, sudah banyak sekali pemakaian sistem komputasi itu, ditambah lagi dengan sudah meningkatnya kualitas jaringan komputer dan beragamnya gadget yang ada. Contoh dari pengaplikasianya adalah Evernote, Dropbox, Google Drive, Sky Drive, Youtube, Scribd, dll.

DEFINISI CLOUD COMPUTING

Cloud Computing, dalam bidang maupun industri IT, istilah cloud computing sering digunakan sebagai pemanfaatan komputasi, baik itu hardware ataupun software. Pada dasarnya cloud computing adalah pemanfaatan teknologi komputer berbasis internet yang biasanya diwujudkan dalam bentuk layanan yang dapat diakses melalui internet.

Cloud Computing adalah teknologi informasi layanan yang dapat digunakan atau diakses melalui Internet untuk memberikan kebutuhan informasi penggunanya. Misalnya, layanan Google Apps yang banyak menyediakan berbagai aplikasi bisnis dan hiburan berupa data yang tersimpan di dedicated server atau web hosting yang dapat diakses melalui web browser client seperti desktop, tablet, notebook, komputer, smartphone dan lain-lain. Dengan demikian cloud computing merupakan mekanisme menggunakan kemampuan teknologi informasi yang disediakan sebagai layanan berbasis internet.

LAYANAN CLOUD COMPUTING

Cloud Computing menyediakan beberapa layanan yang dapt digunakan oleh para User, adapun layana yang disediakan adalah :

1. Software as a service (Saas)

Jenis layanan Software as a service adalah layanan yang menyediakan aplikasi sipa pakai yang ditunjukan kepada pengguna akhir (End User). Disini user tidak perlu membuat aplikasi ataupun infrastruktur.

Contoh dari layanan seperti hotmail, gmail, ymail, twitter, dan facebook disini user tidak perlu repot-repot membuat sebuah aplikasi alias siap pakai saja, untuk layanan berbayar, contohnyaadalah penggunaan aplikasi office365, salesforce dan lain sebagainya.

2 Platfrom as a service (PaaS)

Piramida Layanan Cloud Computing

Layanan ini menyewakan tempat untuk menjalankan sebuah aplikasi dari pengguna. Layanan tersebut bisa saja, seperti penyediaan sistim operasi, database, framework yang merupakan platfrom untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Jadi disini pengguna tidak perlu melakukan maintence dan menyiapkan infrastructure sehingga user hanya fokus untuk membangun aplikasi. Sebagai contoh layanan ini adalah seperti Window Azure, Amazon Web Service, Google App Engine dan sebagainya.

3. Infrastructure as a Service (Iaas)

Infrastructure as a Service adalah layanan yang menyediakan infrastruktur IT kepada pengguna akhir dimana layanan tersebut dibangun berbasis cloud. Infrastructure tersebut bisa bersifat fisik seperti hardisk, memory, jenis server, jaringan dan sebagainya.

Cloud Provider disini hanya menyediakan infrastuktur berdasarkan permintaa dari pengguna. Jadi jika user ingin melakukan penambahan atau upgrade infrastruktur dia mmenghubungi penyedia server cloud tersebut. Contoh dari layanan seperti Amazon EC2, Rackspace cloud dan lain sebagainya.

CARA KERJA CLOUD COMPUTING

Sistim Cloud comptung dan komputasi berbasi awan bekerja dengan menggunakan server yang bekerja secara online terus-menerus di jaringan internet. Di komputer server inilah semua data akan terseimpan begitu juga dengan aplikasi, semua di instal di komputer server sehingga pihak pengguna sipa pakai saja.

Pengguna yang ingin mengakses server tersebut baik untuk keperluan membuka, menyimpan data maupun menjalankan sebuha program, maka pertama user harus melakukan login terlebih duhulu kemudian setelah login berhasil barulah pengguna bisa menggunakan resource server cloud seperti menjalankan suatu program tanpa perlu menginstal di komputer sendiri dan juga untuk menyimpan data.

Cara kerjanya cukup sederhana seperti apabila user menjalankan sebuah aplikasi dan memberikan beberapa perintah pada aplikasi tersebut, maka perintah yang di input oleh user akan dikirmkan ke server melalui jaringan internet kemudian akan diolah atau di resfon oleh server dan memberikan hasilnya ke penguna tersebut, data hasil proses tersebut akan disimpan di komputer server, sehingga setiap kali user ingin membuka dan melihat data yang dia simpan terakhir kali, data tersebut akan tetap bersedia pada server cloud.

KEUNTUNGAN CLOUD COMPUTING

Ada beberapa keutungan yang diterima dengan menggunakan Cloud Computing, antara lain :

1. Efisiensi penggunaan memory

Dengan menggunakan cloud computing yang telah menyiapkan berbagai infrastruktur sperti penyimpanan maupun software tentu saja disini user tidak perlu lagi menyiapkan dan memikirkan kapasitas hardisk yang besar untuk dipakai di komputernya, begitu juga dengan penggunaan software pengguna tidak perlu repot-rpot membeli atau mencari software untuk di instal di komputernya tapi cuku dengan menggunakan server cloud semuanya sudah siap pakai.

2. Fleksibiltas

Karena Server cloud merupakan layanan berbasi internet maka pengguna bisa saja mengaksesnya darimana saja selama dia masih bisa terhubung ke internet dengan demikian layanan komputasi awan lebih membuat pengguna merasa lebih fleksibel.

3. Skalabilitas

Penggunaan layanan cloud menyediakan dan menawarkan penyimpanan sesuai dengan permintaan user, maka disini user bisa dengan mudah melakukan management data baik untuk mengurangi ataupun untuk meperbanyak data untuk disimpan di server cloud.

KERUGIAN CLOUD COMPUTING

Selain keuntungan, cloud computing juga memiliki kerugian, diantaranya adalah :

1. Pengguna harus terhubung ke internet

Dengan mewajibkan pengguna harus terhubung ke internet untuk bisa mengakses server maka tentu saja tidak hanya pengguna harus menyediakan perangkat jaringan internet, melainkan pengguna juga harus membayar biaya internet sesuai dengan yang digunakanya. Tentu ini tidak murah bukan apalagi jika anda melakukan upload dan download data yang besar setiap kali terhubung ke komputer server, tentu saja anda akan mengkonsumsi kuota internet yang besar.

2. Biaya untuk penyedian Server Cloud

Jika anda hanya menyimpan data dalam kapasitas kecil dan anda sekedar menggunakan beberapa aplikasi di komputer cloud mungkin saja penyedia server tersebut masih memberikan free alias gratis, tapi sebaliknya jika anda menggunakan resource yang besar dari komputer server seperti menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar mungkin saja penyedian layana server cloud mengharuskan anda berlanggana dan membayar pemakaian anda.

Ada beberpa masalah yang muncul dengan menggunakan Cloud Computing, diantaranya adalah :

1. Keaman data

Masalah keaman data masih menjadi hal yang diperhartikan pada pengguna sistim cloud, karena semua pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan internet bisa saja mengakses server cloud, disini bukan tidak mungkin para penyusup atau sebut saja cracker komputer bisa masuk keserrver dan melakukan penguskan data, menghapus data ataupun mencuri data anda, untuk itu pilihlah server cloud yang anda nilai cukup aman dan memiliki integritas yang baik.

2. Privacy

Dari sisi privacy atau kerhasiaan data, tentu sekalpiun sistim yang digunakn pada server cloud telah menrapkan enkripsi data, tapi tetap saja ada kemungkinan data yang anda simpan di server cloud bisa terbaca oleh orang lain.

3. Rawan Penyusup

Seperti telah disinggung pada poin pertama keamanan data pada komputer cloud bisa menjadi masalah, seperti terjadinya hacking data, masuknya penyusup seperti virus/malware ke server cloud bisa menjadi maslah bila sistim keamana yang diterapkan oleh administrator server tidak kuat alias memiliki celah rawan.

4. Server Down

Kasus yang satu ini sering menjadi masalah pada komputer server, dimana server mengalami down ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti loada yang terlalu tinggi pada saat yang bersamaan dari banyak user sehingga membuat resource server berjalan lambat untuk melayani permintaan tersebut.

Kemudian server down bisa saja diakibatkan oleh jaringan internet yang tidak stabil pada komputer server, sehingga semua pengguna yang mengaksesnya akan mengalami hal yang sama juga.

PENGGUNAAN CLOUD COMPUTING

Beberapa penggunaan cloud computing dalam dunia IT adalah :

  • Google Drive: Ini adalah layanan komputasi awan murni, dengan semua aplikasi dan penyimpanan ditemukan secara online. Google Drive juga tersedia bukan hanya pada komputer desktop. Kita dapat menggunakannya pada tablet seperti iPad atau smartphone. Bahkan, semua layanan Google bisa dianggap komputasi awan: Gmail, Google Calendar, Google Reader, Google Voice, dan sebagainya.
  • Apple iCloud: layanan awan Apple terutama digunakan untuk penyimpanan online dan sinkronisasi email, kontak, kalender, dan banyak lagi. Semua data yang dibutuhkan tersedia di iOS, Mac OS, atau perangkat Windows. iCloud juga menyimpan file media.
  • Layanan gabungan seperti Box, Dropbox, SugarSync dan semuanya bekerja di awan karena mereka menyimpan versi synched file kita secara online. Sinkronisasi yang memungkinkan semua perangkat untuk mengakses data yang sama adalah landasan pengalaman komputasi awan, bahkan jika kita mengakses file lokal.
  • Windows Azure : sistem operasi yang berbasis komputasi awan, yang dibuat oleh microsfot untuk mengembangkan dan mengatur aplikasi serta melayani sebuah jaringan global dari Microsot dat Centers. Windows Azure yang mendukung berbagai macam bahasa dan alat pemograman. Windows Azure menyediakan infrastruktur dengan skala yang sesuai dengan kebutuhan. Baik dalam membuat aplikasi baru atau menjalankan aplikasi yang telah disediakan.

Referesni :

-) Alex Mudianto;”Pengantar Cloud Computing”. 8 Januari 2014. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:ksWi3brPmGwJ:www.cloudindonesia.or.id/wp-content/uploads/2012/05/E-Book-Pengantar-Cloud-Computing-R1.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id

-) http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

-)  http://www.cloudindonesia.or.id/apa-itu-cloud-computing.html

-) http://www.emiertips.info/2012/02/cloud-computing-apa-kerugian-dan.html

 

 

 

Leave a comment