Evolusi Komputer

Komputer, siapah sihh yang tidak tau apa itu Komputer ? ya semua orang pasti tau, mulai dari anak kecil, orang dewasa, orang tua, bahkan nenek dan kakek pun masih ada yang tau apa itu Komputer.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Secara luas, computer terdiri dari beberapa komponen, seperti CPU, Layar Monitor, Keyboard, dan alat peripheral lainya yang saling berhubungan dan saling berintekoneksi. Komputer hanya menjalankan perintah – perintah yang telah diperintahkan oleh brainware.

Tahukah kalian, Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik mahupun elektronik. Sebelum adanya computer, sebagai besar manusia pada zaman dulu menggunakan alat hitung untuk membatu dalam melakukan kegiatanya sehari-hari, Seperti :

1) Abacus

Pertama kali muncul di Asia, 500 tahun yang lalu. Abacus adalah “Kalkulator Jaman Dulu”, abacus memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan biji-bijian geser pada sebuah rak, dan kebanyakan digunakan oleh para pedagang jaman dulu, untuk menghitung transaksi perdagangan.

Abacus

2) Kalkulator roda numerik ( numerical wheel calculator )

alat ini, ditemukan oleh Blasise Pascal pada tahun 1642. Ia menciptakan alat ini, saat ini, masih berumur 18 tahun.

Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.

Kalkulator roda numerik Pascal

3) Kalkulator roda numerik 2

alat ini, ditemukan oleh fisuf jerman yaitu Gottfred Wilhem von Leibniz pada tahun 1694. Alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi, sama seperti alat sebelumnya yaitu abacus dan kalkulatir roda numerik.

Kalkulator roda numerik 2

4) Kalkulator Mekanik

Alat ini adalah kalkulator pertama yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar yaitu, penjumlahan, pengurangan , perkalian, dan pembagian. Alat ini ditemukan oleh Charles Xavier Thomas de Colmar.

Kalkulator Mekanik

Keempat alat tersebut adalah, mesin-mesin komputasi sebelum adanya computer yang digunakan sebagai alat hitung.

Saat ini, komputer sudah semakin canggih dan semakin keren. Dalam perkembanganya, Komputer sudah melewati 5 generasi, mulai dari generasi pertama yang Komputer ENIAC yang terbuat dari tabung hampa udara sampai generasi kelima yaitu computer generasi sekarang.

Komputer Generasi I (1940-1959)

Komputer generasi pertama ini adalah nene buyut dari computer dari yang ada sekarang ini. Komputer pada generasi ini dibuat untuk tujuan staregi perang pada perang dunia kedua.Pihak Amerika melakukan kerja sama dengan Pihak IBM (Electronic Numerical Integrator And Computer) atau yang lebih deikanal dengan nama ENIAC aadalah computer pertama yang dibuat oleh Angkatan Darat Amerika Serikat dengan tujuan untuk menghitung tabel tembakan senjatas saat perang dunia ke II . Computer ini dibuat dari tabung hampa udara atau (Vacum Tube), ukurannya sangat besar dan kira-kira mempunyai bobot 30 Ton. Selain ukuranya yang besar, computer ini juga sangat membutuhkan listrik yang banyak sebagai sumber energinya, daya listrik yang dibutuhkan adalah 174 kilowatss. Komputer ini sendiri dibuat pada tahun 1946.

Setelah munculnya computer ENIAC, maka munculah tipe computer selanjuutnya yaitu Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer yang disingkat dengan EDVAC. Computer jenis ini mengurangkan penggunaan tiub vakum. Komputer ini lebih canggih karena menggunakan sistem binary dan konsep atur cara tersimpan.

Kemudian muncul UNIVAC I (Universal Automatic Calculator) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan.Ciri khas dari Komputer generasi pertama ini adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data, selain itu computer mudah panas.

Tokoh-tokoh yang muncul dalam perkembangan komputer generasi pertama:

  • Howard H. Aiken (1900-1973) : Seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.
  • John Presper Eckert (1919-1995) : adalah seorang insinyur listrik Amerika dan pelopor komputer. Dengan John Mauchly dia menciptakan  Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) pertama.
  • John von Neumann (1903-1957) :   UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut

Selain ke-3 jenis computer diatas masih ada berikut ini beberapa jenis computer yang termasuk dalam computer generasi pertama adalah EDSAC, ACE, SEC, Havard Mark II, Havard Mark III, UNIVAC, dan lain sebagainya.

Komputer ENIAC

Komputer Generasi II  (1959-1964)

Komputer Generasi kedua ini adalah computer yang lebih maju dari computer generasi pertama, mulai dari alat, kecepatan dan bobot berat computer tersebut. computer generasi kedua . Pada Tahun 1948 ditemukanlah transistor. Computer generasi kedua ini menggunakan bahan transistor, dimana bahan ini lebih ringan ketimbang tabung hampa udara, oleh sebab itu mengapa ukuran computer generasi kedua lebih ringan kebanding computer generasi pertama. Penggunaan transistor ini berguna penguat sinyal, Kelebihan dari computer generasi kedua ini adalah diaman computer sudah dapat menggunakan bahasa pemograman tingkat tinggi yaitu, COBOL dan FORTRAN. Berikut ini adalah contoh – contoh computer generasi kedua IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

Komputer UNIVAC III

Komputer Generasi III (1964-1970)

Dari generasi ke generasi computer semakin maju, perubahan computer pada generasi ketiga ini adalah terletak pada bahan yang digunakan. Dimana bahan yang digunakan adalah Integred Circuit atau lebih sering dikenal dengan sebutan IC. Penemuan IC ini berasal dari komponen-komponen transistor yang saling dihubungkan dan saling berhubungan, dan membentuk IC. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST).Kelebihan computer generasi kedua ini dari computer generasi sebelumnya adalah Kapasitas memori sudah lebih besar dari pada versi sebelumnya, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter dan Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.

Berikut ini adalah beberapa contoh computer generasi ketiga : IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation) merupakan contoh-contoh komputer generasi ketiga.

Komputer Generasi ketiga

Komputer Generasi IV (1970-1980-an)

Komputer generasi ke tempat  ini merupakan kelanjutan dari computer generasi sebelumnya yaitu computer generasi ketiga. Bahan yang diguanakn masih sama yaitu IC namun IC yang digunakan lebih komplek dan teringritas dari IC computer generasi ketiga. Penggunaan LSI (Large Scale Integration) dan (VLSI)  Very Large Scale Integration sangat berpengarhu pada computer generasi ini, Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). pada generasi ini juga muncul laptop, serta palmtop yang sudah didukung oleh banyak aplikasi lunak didalamnya untuk memudahkan pemakai. omputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

Komputer Generasi 4

Komputer Generasi V (1980-an-sekarang)

Komputer generasi kelima adalah Evolution terakhir dari Komputer generasi pertama sampai computer generasi ke empat.penemua computer generasi ke lima ini diawali pada tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standar komputer PC, dan pada akhirnya hingga saat ini PC dikenal dengan nama standar IBM-PC. Komputer pada generasi ini akan dapat menerjemahkan bahasa manusia, manusia dapat langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi. Generasi Komputer ini disebut dengan generasi pentium

Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting adalah fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih.

Komputer Generasi VI: Masa Depan

Gambar 9. Kemungkinan Besar Seperti inilah Penampakan Komputer Masa Depan

Sangat Sulit untuk membayangkan computer masa depan. Karena begitu cepatnya dan maju teknologi pada saat ini. Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan dan WAW 😀

Terimakasih Sudah Berkunjung dan Membaca Artikel saya, Semoga Bermanfaat Bagi Sahabat-sahabatku sekalian. Silahkan beri komentar dibawah ini, maunya komentarnya menkritik atau membangun, tetap aku terima kok 😀

Thanks for :

http://mrewaja.wordpress.com/2013/09/18/contoh-komputer-dari-generasi-pertama-sampai-generasi-ke-lima/

http://faridnyzer.blogspot.com/2011/07/perkembangan-komputer-generasi-ke.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer

44 thoughts on “Evolusi Komputer

  1. Bagus bed, oklah, materi ini tetep bakal kepake sampe komputer tuh udah seperti kertas tipisnya (kalau ada sih). jadi materi ini pasti akan tetap berguna, good job 😉

    1. iya, mas chairil, Pastinya, ampe cucu kita juga nanti bakal kepake kok buat bandingin Komputer jaman dulu ama sekarang 😀
      makasih komentnya gan, Sangat Membangun 🙂

  2. Komputer d indonesia sih smuanya dah cangih ,tpi sayangnya nda d support sama jaringan internet indonesia yg super lalod

    1. hehhe iya mas, tapi ngak semua jaringan di indonesia semuanya lemod, ada beberapa provider yang menyediakan jaringan super cepat, bahkan sekarang ini udeh ada tuh yg kecepatanya 4G, itu semua sih tergantung juga ama Budget kita mas, Semakin gede dana yang kita punya, Semakin puas dahh tuh nyari provider internet yang kenceng tuh, kaya Moto GP, heheh..

      Makasih ya Mas Abner, udeh ngasi komentnya 🙂

  3. Artikel yang sangat bermanfaat. Kalau bisa disertakan juga dengan masalah yang dialami pada tiap-tiap generasi. Terimakasih.

  4. mantab gan.

    btw, sekedar saran untuk blognya, jangan dipasangkan musik yang autoplay, dikhawatirkan pengunjung yang datang akan tidak tertarik untuk baca lagi, nyedot kuota euuy

    1. makasih agan Upe baross.. 😀
      Setahun dari beberapa artikel yang saya kumpulkan dan saya jadikan satu, yang pertama duluan tuh, ENIAC kemudian dilanjutkan dengan EDVAC, setelah itu UNIVAC 🙂

Leave a comment