Pemilu 2014

Tidak lama lagi kita akan menyelenggarakan acara besar yang diadakan dalam waktu 4 Tahun sekali, yaitu Pemilihan Umum atau lebih dikenal dengan sebutan PEMILU. Antusias warga Indonesia mulai terasa dalam menyambut Pemilu 2014. Pemilihan Umun (Pemilu )  adalah suatu proses di mana para pemilih dalam hal ini adalah masyarakat yang  memilih orang-orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Jabatan-jabatan yang disini beraneka-ragam, mulai dari Presiden, wakil rakyat di berbagai tingkat pemerintahan, sampai kepala desa.

Gambar 1. Maskot Pemilu 2014 dengan tema ” Ayo Memilih”

 Dalam Pemilu 2014 akan dilaksanakan dua kali yaitu Pemilu Legislatif pada tanggal 9 April 2014 yang akan memilih para anggota dewan legislatif dan  Pemilu Presiden pada tanggal 9 Juli 2014 yang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden. Pemilihan Umum presiden pada tahun ini, akan menjadi pemilihan umum langsung ke tiga yang dilaksanakan di Indonesia. Tidak semua partai politik dapat ikut dalam ajak Pemilihan Umum, khususnya tahun ini, partai politik harus melewati verifikasi terlebih dahulu sebelum mengikuti ajang Pemilu ini. Komisi Pemilihan Umum telah merilis 15 Partai Politik (Parpol) yang akan bertarung dalam memperebutkan kursi pemerintahan, berikut diantaranya :

  1. Partai Nasional Demokrat (Partai Nasdem)
  2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  4. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P)
  5. Partai Golongan Karya (Partai Golkar)
  6. Partai Gerakan Indonesia Raya (Partai Gerindra)
  7. Partai Demokrat
  8. Partai Amanat Nasional (PAN)
  9. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  10. Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura)
  11. Partai Bulan Bintang (PBB)
  12. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
Gambar 2. 15 Partaii Politik yang siap bertarung di ajang Pemilihan Umum 2014

Pemilu 2014 akan memakai e-voting dengan harapan menerapkan sebuah sistem baru dalam pemilihan umum. Keutamaan dari penggunaan sistem e-voting adalah Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang sudah mulai dipersiapkan sejak tahun 2012 secara nasional, walaupun sampai saat ini hanya kota besar saja yang baru mendapatkanya.

Dalam Pemilu 2014, Partai Politik dan CAPRES dan CAWAPRES gencar melakukan kampanye dengan  menawarkan janji-janji dan program-programnya pada masa kampanye kepada masyarakat. Selain itu, munculnya iklan –iklan partai politik di televisi  menandakan bahwa kampanye –  kampanye kecil melalui media elektronik sudah dilakukan.. Tujuan dari kampanye ini adalah untuk menarik perhatian dari masyarakat untuk memilih partai tersebut ataupun Calon Presiden dan wakil Presiden tersebut diajak Pemiihan Umum.

Diharapkan Pemilu pada tahun ini berjalan dengan lancar tanpa adanya kecurangan dari pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu partisipasi dari seluruh warga negara Indonesia sangat diharapkan dalam ajang Pemilu tahun ini. Dan kepada Anggota Dewan, serta Presiden dan Wakil Presiden yang tepilih nanti, akan menepati janji – janjinya pada saat kampanye, sehingga memmbuat masyarakat percaya akan kinerja dan kerja kerasnya dan yang lebih penting lagi, membawa Indonesia lebih baik dari tahun ini.

Sekian Postingan saya mengenai Pemilu 2014, kiranya bermanfat bagi pembaca. TERIMA KASIH ……

Leave a comment